Kamis, 02 Februari 2012

OUTING SARANA MENGGALI SEMUA POTENSI SISWA YANG TERSEMBUNYI

Siswa/siswi kelas IV di Camping Ground Sekolah Alam Subang

Dari dedaunan dan pepohonan ini pula mereka memaknai hidup

Belajar di alam terbuka salah satu sarana menggali potensi yg tersembunyi

Bersama alam mereka menemukan sesuatu yg tersembunyi 

Di sini terkadang semua wajah anak anak ini tampak nyata tanpa rekayasa 

Hari ini hari ke-4 kebersamaan kami bersama anak-anak di sekolah ini, hari ini anak-anak kelas IV giliran mengadakan Outing bersama wali kelasnya Ibu Thesi Rismayanti SR, S.Pd. selepas rutinitas pagi di halaman sekolah membaca Asma'ul husna bersama dan menata ruang kelas mereka bersiap-siap melakukan perjalanan indahnya ke Sekolah Alam Subang. hari ini agenda mereka belajar di luar lingkungan sekolah yang kali ini mereka memilih di alam terbuka atau yang kami sebut dengan Outing. 
Outing merupakan salah satu kegiatan belajar mengajar yang menekankan pada pemberian pengalaman nyata pada anak anak tentang segala hal yang sedang mereka pelajari, selain terkesan refreshing bagi anak - anak secara tidak sadar mereka di ajak kedalam suasana belajar yang bermakna, disini juga guru dapat melakukan observasi terhadap sikap, karakter dan potensi anak yang mungkin selama di dalam ruang kelas tidak dapat terfasilitasi, terbukti dari penuturan Ibu Thesi Rismayanti guru kelas IV SDN Pelita karya selepas melakukan kegiatan ini, dia mendapatkan banyak hal yang selama ini tidak dapat tergali dari pribadi-pribadi siswa di kelasnya. seperti yang kita pahami bahwa anak memiliki kecerdasan majemuk atau lebih di keal dengan multifle Intelegency, yang setiap komponen kecerdasan ini tidak dapat terpasilitasi dengan maksimal jika hanya dengan kegiatan pembelajaran didalam ruang kelas saja, sehingga kegiatan belajar Outing ini menjadi salah satu kegiatan yang dapat menjadi salah satu alternatif pilihan untuk menggali lebih banyak kecerdasan majemuk anak itu muncul dalam dirinya. semakin banyak keerdasan yang muncul pada diri anak semakin kayalah anak itu akan kemampuan dirinya atau personal skill nya. 
dan hari ini mereka menutup kebersamaan bersama teman teman sekelasnya dengan satu kenangan lagi, kenangan tentang pembelajaran yang memberikan insfirasi tiada henti :-) ... selamat memaknai perjalanannya hari ini buat siswa siswi kelas IV ya.... 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar