Rabu, 29 Agustus 2012

ANGGOTA PAGUYUBAN ALUMNI SPG 1985 SUBANG DAN NOMOR CONTAKNYA


1.       M.Erin S : Subang        : No HP 081222023535
2.       Lina BuMes :  Suabng  : No.HP 08157028911
3.       Nana Bokir:  Subang    : No.HP 081320914303
4.       Sukendar:  Tambakan   : HP.085323552115
5.       Enda Jos :  Tambakan   : HP.085314591945
6.       Ara Sukara :  Jabong Cagak ; 081322505823/
                         087726238334
7.       Yeti Suminar     :  Subang  ; 085295438236
8.       Nuraeni            : Purwadadi  ; 081809744052
9.       Aip Rahmat     : Cibogo ; 085221913455
10.    St.Nurhayati          : Cipeundeuy ; 08789611678
11.    Carli                        : Cirangkong ; 085224952221
12.    Ai Kartini ’86         : Jabong Crg ; 082128251000
13.    Murnali  ‘86          : Jabong Crg ;
14.    Ade Saprudin PGRI: Cipeundeuy ; 081912574615
15.    Ace Saepudin       : Cisaat Ciater; 085222141597
16.    Map Monang        : Sagala Herang; 081585444996
17.    Ace Kabul              : Sarireja ; 085222917057
18.    Nur Topik               : Pnk Sukasari ; 085294012001
19.    Adung Wirja          : Cisalak ; 082116114117
20.    Euis Barliani           : Kasomalang ; 081322575617
21.    Irna Indrayani       : Subang ; 085721059648
22.    Engkom Komalawati: Cikaum;085220567958
23.    Pupung Hermawati: Dawuan;085793321474
24.    Rohman                 : Pabuaran ;
25.    Endang Byi             : Cisalak ;087823453234
26.    Yoyom                    : Sirap ; 085222142589
27.    Siane Pit                 : Pagaden ; 081573462300
28.    Cecep H                 : Depok ; 081319755911
29.    Kokom K                                : Pamanukan ; 085295241286
30.    Juhri                       : Subang ; 085224938242
31.    Tuti Wahyu            : Pagaden ; 085316548665
32.    Kusnadi Embah     : Palasari ;087726673800
33.    Nunung Nurla       : Pamanukan; 085759904668/
  081394292042
34.    Roheti                    : Subang ; 085220857697
35.    Hj.Siti Eli H             : Purwadadi ; 081321395577
36.    Tuti Caswti             : Purwadadi ; 082116125134
37.    Euis Jos                   : Sukamandi; 085294656100
38.    Ruhiat                     : Parung ; 08128531516
39.    Eni Rohaeni           : Bdg/Cisalak; 081321100979
40.    Unajat                     : Sagalaherang; 081321833818
41.    Rusim                     : Bantarsari; 085295812405
42.    Cinta                       : Jati Reja ; 082128191968
43.    Dirman                   : Compreng; 085124751447
44.    Turia                       : Sukamandi ; 081395725506
45.    Dadang Ryt            : Pamanukan; 081222045166
46.    Fanji                        : Subang; 08139592862
47.    Badrul BJ                : Purwadadi; 085320534665
48.    Nurjaeni                 : Ciasem; 087726947391
49.    Mumun Karmun   : Tanjung Siang; 081313090822
50.    Nunung Kur           : Ciasem ; 082127680597
51.    Maryanah              : Sgl Herang; 085221787510
52.    Supandi D      : Pusaka Nagara; 085224050318
53.    Cucu Nurmla         : Jalancagak; 082120790016
54.    Nining xjti              : Ble Endah; 082116789977
55.    Tarsa                       : Pwdi ; 085281533544 /085318431964
56.    Suhenda                                : Subang; 081320634084 
57.    Kokom                    : Subang; 081394176514
58.    Ujang Madsair       : Compreng; 085624200130
59.    Dedi Roaedi          : Cidadap; 085295652927
60.    Nana Bokir             : Subang; 081320914303
61.    Amin Suparmin     : Cipunagara;082112801921
62.    Rina Orbek            : Binong; 087828192447
63.    Niska                       : Compreng; 08522426457              
64.    Suhada                   : Kali jati ; 085295160201
65.    Sukarja                   : Pagaden; 081322570835
66.    Husen                     : Pamanukan; 082127701080
67.    H.Iyus                     : Sukamelang;082115085699
68.    Yanti Mala              : Rawa Lele;085723926888
69.    Maman Nur           : Subang; 081220973873
70.    Poniman                : Cipunagara;081220188663
71.    Titin                        : Subang;
72.    Entis Sutisna          : Binong; 085220447412
73.    Entis                        : Depok
74.    Darmunah             : Tanjungsiang;
75.    Jejen                       : Cisalak;
76.    Dastewi                  : Compreng;
77.    Juniah                     : Binong
78.    Juriah                     : Blanakan
79.    Tati                          : Ciasem;
80.    Ana                         : Blanakan
81.    Tati Agusari           : Tegalkalapa ; 0260415943
82.    Dewi Mulya           : Bandung;
83.    Alin Natalia            : Jakarta;
84.    Didi                         : Pagaden;
85.    Ade Suryati           : Pagaden;
86.    Titing                      : bogor;
87.    Ade St Hasanh      : Subang
88.    Julaeha                   : Ciasem
89.     

Minggu, 26 Agustus 2012

Hari Pertama Sekolah SDN PELITA KARYA Menggelar Hala Bi Halal

Hari pertama masuk sekolah setelah sekitar 2 pekan Berlibur SDN Pelita Karya menggelar acara halal bi halal yang di adakan di SDN Pelita karya.
Pagi itu para guru dan siswa berkumpul di halaman sekolah, setelah penyampaian pesan dan kesan kepala SDN Pelita karya di lanjutkan dengan agenda saling salam menyalami sebagai tanda saling memaafkan atas segala khilaf dan kesalahan selama warga sekolah berinteraksi.

Suasana Halal Bi Halal Guru dan Siswa SDN Pelita karya
Sederhana namun penuh khidmat

Kamis, 09 Agustus 2012

SANLAT RAMADHAN 1433 H

Ramadhan kembali menyambangi, warga SDN Pelita Karya pun tak mau kehiangan moment indah datangnya bulan Ramadhan, maka dibentuklah panitia Ramadhan Ceria Bersama Pelita Karya yang di ketuai Oleh Ibu Sukini, S.Pd.
Ramadhan tahun ini SDN Pelita Karya menggelar rangkaian acara Pesantren Kilat Ramadhan yang di dalamnya di ikuti oleh seluruh siswa yang beragama Islam dengan mengangkat materi-materi kajian keislaman yang di meriahkan oleh Game education serta pemutaran Film seputar nilai niai keisaman, di penghujung kegiatan Sanlat digelar acara Buka Bersama yang insya Alloh akan di adakan sore ini (Jum'at 10 Agustus 2012) di SDN Pelita Karya. dengan acara pemutaran Film serta renungan senja jelang berbuka puasa yang akan di sambung dengan kegiatan tajil dan shalat Magrib berjama'ah dan makan bersama Berbuka Puasa..










Model Pembelajaran Team GamesTournament (TGT)

dari.....(http://www.papantulisku.com)

Penjabaran
Secara umum TGT sama saja dengan STAD kecuali satu hal : TGT menggunakan turnamen akademik, dan menggunakan kuis-kuis dan sistem skor kemajuan individu, dimana para siswa berlomba sebagai wakil tim mereka dengan anggota tim yang lain yang kinerja akademik sebelumnya setara seperti mereka. TGT sangat sering digunakan dan dikombinasikan dengan STAD, dengan menambahkanturnamen tertentu pada struktur STAD yang biasanya. Deskripsi dan komponen-komponen TGT adalah sebagi berikut :
a. Presentasi di Kelas


Materi dalam TGT pertama-tama diperkenalkan dalam presentasi di dalam kelas. Ini merupakan pengajaran langsung seperti yang sering kali dilakukan atau diskusi pelajaran yang dipimpin oleh guru, tetapi bisa juga memasukkan presentasi audiovisual. Bedanya presentasi kelas dengan pengajaran biasa hanylah bahwa presentasi tersebut harus benar-benar berfokus pada unit TGT. Dengan cara ini para siswa akan menyadari bahwa mreka harus benar-benar memberi perhatian penuh selama presentasi kelas, karena dengan demikian akan sngat membantu mereka mengerjakan kuis-kuis, dan skor kuis mereka menentukan skor tim mereka
b. Tim
Tim terdiri dari empat atau lima siswa yang mewakili seluruh bagian dari kelas dalam hal kinerja akademik, jenis kelamin, ras dan etnis. Fungsi utama dari tim ini adalah memastikan bahwa semua anggota tim benar-benar belajar dan lebih khusunya lagi untuk mempersiapkan angotanya untuk bisa mengerjakan kuis dengan baik. Setelah guru menyampaikan materinya tim berkumpul untuk mempelajari lembar kegiatan atau materi lainnya. Yang paling sering terjadi, pembelajaran itu melibatkan pembahasan permasalahan bersama, membandigkan jawaban dan mengoreksi tiap kesalahan pemahaman apabila anggota tim ada yang membuat kesalahan.
Tim adalah fitur yang paling penting dalam TGT. Pada tiap poinnya, yang ditekan adalah membuat anggota tim melakukan yang terbaik untuk tim, dan tim itu harus melakukan yang terbaik untuk membantu anggotannya. Tim ini memberikan dukungan kelompok bagi kinerja akademik penting dalam pembelajaran, dan itu adalah memberikan perhatian dan respk yang mutual yang peting untuk akibat yang dihasikan seperti hubungan antar kelompok, rasa harga diri, penerimaan terhadap siswa-siswa mainstream
c. Game
Game dalam TGT terdiri atas pertanyaan-pertanyaan yang kontennya relevan dan dirancang untuk menguji pengetahuan siswa yang diperolehnya dari presentasi di kelas dan pelaksanaan kerja tim. Game tersebut dimainkan di atas meja dengan tiga orang siswa, yang masing-masing mewakili tim yang berbeda. Kebanyakan game berupa nomor-nomor pertanyaan yang ditulis pada lembar yang sama. Seorang siswa mengambil sebuah kartu bernomor yang tertera pada kartu tersebut. Sebuah aturan tentang penanyang memperbolehkan para pemain saling menantang jawaban masing-masing.
d. Turnamen
Turanamen adalah sebuah struktur di mana game berlangsung. Biasanya berlangsung pada akhir minggu atau akhir unit, setelah guru memberikan presentasi di kelas dan tim telah melaksanakan kerja kelompok terhadap lembar kegiatan. Pada turnamen pertama, guru menunujuk siswa untuk berada di meja turnamen, tiga siswa berprestasi tinggi pertama di meja 1, tiga berikutnya di meja 2 , dan seterusnya. Kompetisi yang seimbang ini , seperti halnya sistem skor kemajuan individual dalam STAD, memungkinkan para siswa dari semua tingkat kinerja sebelumnya berkontribusi secara maksimal terhadap skor tim mereka jika mereka melakukan yang terbaik.
Setelah turnamen pertama, para siswa akan bertukar meja tergantung pada kinerja mereka pada turnamen terakhir. Pemenang pada tiap meja “ naik tingkat” ke meja berikutnya yang lebih tinggi, skor teringgi kedua tetap tingal dimeja yang sama; dan yang skornya paling rendah “diturunkan”. Dengan cara ini, jika pada awalnya siswa sudah salah ditempatkan, untuk seterusnya mereka akan dinaikan atau dirueunkan sampai mereka mencapai tingkat kinerja mereka yang seungguhnya.
e. Rekognisi Tim
Tim akan memperoleh sertifikat atau bentuk pengargaan yang lain apabila skor rata-rata mereka mencapai kriteria tertentu. Skor tim siswa dapat juga digunakan untuk menentukan dua puluh persen dari peringkat mereka.
Persiapan
a. Materi
Materi kurikulum TGT sama saja dengan STAD, kecuali perlu menyiapkan kartu-kartu bernomor dari nomor satu sampai tigapuluh untuk tiap tiga orang anak.
b. Menempatkan siswa dalam tim
Dalam menmpatkan siswa dalam beberap tim kita dapat mengikuti langkah-langkah beruikut ini :
  • Memfotokopi lembar rangkuman tim.
Buatlah kopian dari lembar rangkuman tim untuk setiap empat siswa dalam satu kelas.
Susun peringkat siswa.
Pada selembar kertas, buatlah urutan perigkat siswa dalam satu kelasdari yang teringgi samapi yang terendah. Gunakan informasi apapun yang dimilki untuk melakukan hal ini; nilai ujian adalah yang terbaik, kualitas masing – masing juga baik, tetapi menggunakan penilaian sendiri juga tidak apa – apa. Memang afak sulit membuat peringkat dengan tepat, tetapi lakukan yang terbaik yang bisa dilakukan.
  • Tentukan berdasarkan jumlah tim.
Tiap tim harus terdiri dari empat anggota jika memungkinkan. Untuk menentukan berapa tim yang akan dibentuk, jumlah siswa dikelas dibagi empat, hasil bagi tersebut tentunya jumlah tim beranggotakan empat orang. Misalnya, di dalam kelas ada 32 orang, maka akan membentuk delapan tim yang masing-masing beranggotakan empat orang. Jika pembagian tersebut tidak genap, siswanya bisa jadi berjumlah satu, dua, atau tiga orang. Selanjutnya akan ada tim yang beranggotakan lima orang.
  • Bagikan siswa kedalam tim
Dalam membagi siswa ke dalam tim, seimbangkan timnya supaya :
  1. Tiap tim terdiri atas level yang kinerjannya berkisar dari yang rendah, sedang dan tinngi
  2. Level kinerja yang sedang dari semua tim yang ada di kelas hendaknya setara.
Gunakan peringkat siswa berdasarkan kinerjannya, bagikan huruf tim kepada tiap-tiap siswa. Misalnya dalam delapan tim yang ada di dalam kelas kita menggunakan huruf A sampai H.
c. Menempatkan siswa ke dalam meja turnamen
Buatlah kopian lembar penempatan meja turnamen. Pada lembar tersebut isilah daftar nama siswa dari atas ke bawah sesuai urutan kinerja siswa, gunakan peringkat yang sama seperti yang akan digunakan untuk membentuk tim. Hitunglah jumlah siswa di dalam kelas. Jika jumlahnya habis di bagi tiga, semua meja turanamen akan mempunyai tiga peserta, tunujuklah tiga siswa pertama dari daftar untuk ,menempati meja 1, berikutnya meja 2, dan seterusnya. Jika ada siswa yang tersisa setelah dibagi tiga, satu atau dua meja turnamen yang pertama akan beranggotakan empat peserta. Misalnya, sebuah kelas dengan 29 siswa mempunyai sembilan meja turnamen, dua diantarannya akan mempunyai empat anggota. Empat siswa pertama dari daftar peringkatakan ditempatkan di meja 1, dan empat berikutnya pada meja 2, dan tiap tiga orang sisanya pada meja-meja yang lain. Penentuan nomor meja ini hanya untuk meja kepada anak-anak, sebutkah meja-meja tersebut sebagai meja biru, merah, hijau dan sebagainya dalam urutan yang acak supaya para siswa tidak akan tahu bagaimana cara penyusun penempatan meja tersebut.
d. Memulai Turnamen
Pada awal periode permainan,umumkanlah penempatan meja turnamen dan mintalah mereka memindahkan serta menyusun meja bersama-sama. Acaklah nomor-nomornya supaya para siswa tidak tahu mana meja atas atau meja bawah dan mintalah salah satu siswa membagikan satu lembar permainan,satu lembar jawaban,satu kotak kartu nomor dan satu lembar skor permainan pada tiap meja.
Untuk memulai permaianan, para siswa menarik kartu untuk menentukan pembaca pertama yaitu yang menarik nomor tertinggi. Permainan berlangsung sesuai waktu dimulai dari pembaca pertama.
Pembaca pertama mengocok kartu dan mengambil kartu yang teratas. Dia lalu membacakan dengan keras soal yang berhubungan dengan nomor yang ada pada kartu, ermasuk pilihan jawabannya, jika soalnya pilihan ganda. Pembaca yang tidak yakin akan jawabannya diperbolehkan menebak tanpa dikenai sanksi. Jika konten dalam permainan tersebut melibatkan permasalahan, semua siswa harus mengerjakan permasalahan tersebut supaya mereka siap untuk ditantang. Setelah si pembaca memberikan jawaban, siswa yang ada disebelah kiri atay kanannya punya opsi untuk menantang dan memberikan jawaban yang berbeda dengan peserta pertama. Jika dia ingin melewatinya, atau bila penanantang kedua mempunyai jawaban yang berbeda dengan dua peserta pertama, maka penantang kedua boleh menantang. Akan tetapi, penentang harus hati hati karena mereka harus mengembalikan kartu yang telah dimenangkan sebelumnya kedalam kotak (jika ada) apabila jawaban yang mereka berikan salah.Apabila semua peserta punya jawaban , di tantang, akan melewati pertanyaan , penantang kedua (atau peserta yang ada di sebelah kanan pembaca) memeriksa jawaban dan membacakan jawaban yan benar dengan keras.Si pemain yang memberikan jawaban yang benar akan menyimpan kartunya.Jika kedua penantang memberikan jawaban yang benar akan menyimpan kartunya .Jika penantang memberikan jawababan yang salah , dia harus mengembalikan kartu yang telah dimenangkan (jika ada) ke dalam books.
Untuk putaran berikutnya, semuannya begerak satu posisi ke kiri, penantang pertama menjadi pembaca, penantang kedua menjadi penantang pertama, dan si pembaca menjadi penentang kedua. Permainan berlanjut, seperyi yang telah ditentukan oleh guru, sampai periode kelas berakhir atau kotaknya telah kosong.
Aturan Permaianan TGT
Pembaca
- Ambil kartu bernomor dan carilah soal yang berhubungan dengan nomor tersebut pada lembar permaianan
- Bacalah pertanyaannya dengan keras
- Cobalah untuk menjawab
Penantang 1
- Menantang jika dia mau (dan memberika jawaban berbeda) atau boleh melewatinya
Penantang 2
- Boleh menantang jika penantang 1 melewati dan jika dia mau. Apabila semua penantang sudah menantang atau melewati, penantnag 2 memeriksa lembar jawaban. Siapa pun yang jawabannya benar berhak menyimpan kartunya. Jika si pembaca salah,tidak ada sanksi,tetapi jika kedua penantangnya salah maka dia harus mengembalikan kartu yang telah dimenangkannya ke dalam kotok,jika ada.
- Untuk putaran berikutnys,semuanya bergerak satu posisi ke kiri: penantang 1 menjadi pembaca,penantang 2 menjadi penantang 1 dan si pembaca menjadi penantang kedua.
e. Menentukam skor tim
Segera setelah turnamen selesai, tentukanlah skor tim dan persiapkan sertifikat tim untuk memberi rekognisi kepada tim peraih skor tertinggi. Untuk melakukan hal ini pertama-tama kita harus memeriksa poin-poin turnamen dari tiap siswa tersebut ke lembar skor permaianan.
f. Merekognisi Tim Berprestasi
Seperti dalam STAD, di sini juga di berikan tiga tingkatan penghargaan, yang didasarkan pada skor rata-rata tim.
Kriteria ( rata – rat tim ) Penghargaan
40 Tim baik
45 Tim sangat baik
50 Tim super